Sunday, March 2, 2008

“Melihat Peluang Bisnis Di Kampung wisata”


(Bagian 2)

Setelah Minggu lalu kita semua melihat salah satu kampung yang paling ramai dikunjungi di kawasan kampung wisata (Kampung Cina), kali ini saya akan ajak pembaca untuk melihat peluang bisnis sekaligus jalan-jalan di kampung yang lain.

Pada bagian 2 ini, saya akan menggabungkan cerita 3 buah kampung sekaligus agar Anda dapat lebih cepat mengetahui cerita seluruh kampung yang ada di kampung wisata Cibubur..Saya mulai satu persatu ya..

Kampoeng Indonesia

Ini kampung kita nih.. kampungnya orang Indonesia, sesuai dengan namanya Indonesia Kampung ini terdiri atas beberapa bagian kampung yang mewakili beberapa propinsi yang ada di Indonesia seperti Kampung Bali, Kampung Makasar, Kampung Sunda, Kampung Jawa dan Kampung Irian..

Sesuai dengan namanya masing-masing kampung tersebut menjual cindera mata sesuai dengan khas daerah masing-masing seperti Kampung Sunda menjual angklung dan cindera mata dari bambu, Kampung bali menjual aneka kerajinan seperti lampu Bali,Baju-baju Bali dan sebagainya.

Cukup beraneka ragam barang jualan yang ada disini, harga jualannya pun relatif murah sehingga menarik banyak pengunjung untuk membeli secara langsung.Berbeda dengan Kampung Cina karena Indonesia kaya akan budaya dari beberapa suku maka barang-barang yang dijual lebih beraneka ragam. Bila Anda punya usaha kerajinan khas suatu daerah , mungkin barang produksi Anda dapat dipasarkan di sini… Bila Anda tidak ingin memiliki toko dapat mencoba titip jual di toko-toko yang ada di Kampung Indonesia ini..

Kampung Jepang

Kampung Jepang sesuai dengan namanya akan membuat Anda membayangkan kumpulan toko-toko yang ada dalam suatu kampung dengan ciri-ciri khas negeri Matahari Terbit ini.. Memang tidak salah, banyak toko yang didesain dengan dekorasi ala Jepang disertai dengan patung-patung yang menjadi ciri khas seperti patung sumo, patung samurai dan sebagainya.. Hanya amat disayangkan sudah tidak banyak toko-toko yang buka alias banyak yang tutup.

Saya tidak tahu persisnya mengapa dalam kampung ini tidak banyak toko yang buka, mungkin karena barang-barang jepang mahal? atau memang kurangnya animo pengunjung pada kampung ini.. Bila Anda ingin membuka usaha disini tentunya akan sedikit pesaing hanya saja Anda harus bekerja keras untuk menarik pengunjung datang ke toko. Bila Anda mempunyai ide bisnis yang inovatif dan berkaitang dengan Jepang mungkin dapat direalisasikan disini?

Kampung Amerika

Kampung Amerika semestinya ramai karena banyak dari orang Indonesia tergila-gila dengan barang-barang ‘Made in Amerika’ tapi kenyataannya kampung yang sudah didesain dengan banyak ornamen ala Amerika tersebut sepi pengunjung..Padahal kampung tersebut sudah dibuat seperti wilayah-wilayah Negara bagian di Amerika dan diberi nama sesuai wilayahnya seperti Texas, New Mexico dan sebagainya ..Selain itu adapula patung “Uncle Sam”, patung-patung Indian dan patung koboi ala Amerika..

Mungkin tinggal 1-2 toko yang buka menjual barang-barang simbol Amerika seperti bendera, gantungan kunci dan T-Shirt bertuliskan tentang Amerika. Apakah Anda memiliki ide bisnis yang menarik untuk kembali menghidupkan Kampung Amerika ini?

Bila Anda ingin melihat lebih jelas suasana pada tiga kampung tersebut dapat melihat slide show di bagian paling bawah dari blog ini.

No comments: