Wednesday, March 26, 2008

Lomba Masak Makanan Khas Betawi


Saat ditelepon oleh salah satu orang tua murid di kelas yang sama dengan anakku untuk ikut lomba masak sempat terkejut juga.. Soalnya aku bukan ahli masak walaupun suka makan he..he..he..Apalagi yang dimasak adalah makanan khas Betawi. Anakku sekolah di SD Al-Fath Cirendeu.

Menurut Ibu Lupi ( Orang tua murid) aku ikut lomba memasak dengan 2 ibu lainnya, untuk mewakili dari kelas anakku. Kami mendapat pilihan menu soto betawi, semua diracik oleh salah satu dari kami dan aku hanya membantu dalam proses memasak serta menghias.

Setelah acara memasak selesai kemudian kami menghias meja dengan hiasan khas Betawi seperti kembang kelapa, camilan khas betawi dan sebagainya. Pada Peserta lainnya banyak sekali hiasan khas betawi yang menarik seperti taplak batik khas betawi, toples khas betawi ,juga teko yang dahulu sering digunakan oleh orang betawi.. Aku jadi tahu banyak tentang perangkat makan khas betawi.

Selain itu jenis menu masakan yang dilombakan tidak sama, kebetulan kami mendapat menu soto betawi yaitu masakan kuah santan dengan tambahan potongan babat, iso dan kentang juga tomat segar. Peserta lainnya ada yang mendapat menu nasi uduk betawi yaitu nasi putih yang gurih disertai lauk semur Betawi. Semur Betawi itu kuahnya kental dan berwarna coklat kehitaman tetapi tidak terlalu manis, isisnya ada tahu, daging dan terkadang Jengkol.. Wow.. Bagi yang suka, nikmat sekali makan nasi uduk dengan semur jengkol.

Walaupun pada akhirnya kami tidak menjadi pemenang tapi pengalaman lomba masak ini menambah wawasan baru tentang masakan dan budaya Betawi. Bagi yang ingin mencoba buka usaha nasi uduk jangan lupa dengan lauk semur khas Betawi tersebut apalagi ditambah sambal kacang yang pedas.. Hmm.. enak sekali deh..

No comments: