Tuesday, March 11, 2008

BUBUR GUDEG & KAMAR BOLA

Belum lama ini saya pergi ke Jawa Tengah untuk mengontrol usaha. Usaha pom bensin di sebuah kota kecamatan kecil di Candiroto Temanggung Jawa Tengah. Didekat tempat usaha saya ada seorang penjual “Bubur Gudeg” yang berjualan hanya pada waktu sarapan pagi. Saya sempatkan untuk sarapan disana, dibawah tenda mini saya duduk sambil menikmati bubur gudeg dengan pincuk daun pisang sebagai alasnya. Bubur dari nasi ini diberi gudeg nangka diatasnya kemudian ada tambahan krecek, ayam suir, juga telur pindang, adapula tahu dan tempe bacemnya. Yang menarik baik telur dan ayam yang digunakan untuk bubur gudeg tersebut adalah harus “Ayam Kampung” lebih legit katanya…. Emang enak sih….

Siang harinya saya jalan-jalan ke kota JogJa dan makan siang di Rumah Makan ala Chinese legendaris (LIE DJONG). Konon rumah makan ini sudah buka di jaman kakek saya dulu dan terkenal lezatnya. Saya makan menu special rumah makan ini yang sudah terkenal namanya “KAMAR BOLA”. Kamar Bola adalah makanan yang mirip dengan “Cap Cay” hanya saja berkuah merah dan isinya ada tambahan gorengan seperti otak-otak udang goreng. Kamar bola ini memang khas dan uenaak sekali seperti kata pak Bondan yang juga pernah makan kamar bola ini di acara Wisata Kuliner. Hampir setiap saya mengunjungi Jogja saya sempatkan mampir makan “Kamar Bola” di LIE DJONG.

1 comment:

Anonymous said...

di Djogja ada lagi lho tempat mkan yang menyediakan menu 'Kamar Bola' selain di resto Chinese tu..

Tepatnya sebuah warung tenda deket TVRI Jogja; Jalan Magelang, Yogyakarta. Yang bikin eunak tu harganya, MAhasiswa banget dech pokoknya...