Thursday, April 10, 2008

Test Food di Balai Kartini


Mendapat kesempatan untuk menghadiri undangan test food gedung Balai Kartini Jakarta merupakan hal menyenangkan untuk saya. Acara ini diadakan oleh Balai Kartini untuk undangan khusus yang berencana untuk menyewa gedung atau mengadakan pesta seperti pesta pernikahan misalnya.

Selama dalam perjalanan sudah terbayang menu-menu apa saja yang akan disajikan disana dan saya berharap ada menu inovatif yang tersedia. Maksud menu inovatif adalah menu baru yang belum popular dan rasanya berbeda. Setelah sampai disana saya disambut panitia dan dipersilahkan untuk mencari tempat duduk serta berbaur dengan tamu lainnya setelah itu dipersilahkan untuk langsung mencoba menu yang sudah disediakan.

Aneka jenis menu telah disediakan dibagi menjadi menu buffet dan menu khusus di kedai-kedai. Menu buffet yang disediakan antara lain nasi goreng ikan asin, kwetiaw ala Thai, sapi lada hitam, ayam barbeque, ikan asam manis dan salad. Menu kedainya bervariasi mulai selat solo, bebek panggang, rib panggang, nasi bento ala Jepang, salmon gulung dan juga aneka dessert seperti pudding caramel, es buah, tart strawberry dan sebagainya.

Menu kedai yang menarik perhatian saya adalah Ifumi hitam dan cheery jubilee. Kedua menu tersebut agak jarang ditemui dan menurut pihak gedung menu tersebut adalah menu special khas Balai Kartini. Ifumi hitam adalah mie kering berwarna hitam dengan ramuan tinta cumi-cumi kemudian diberi kuah dan aneka isi seperi isi cap cay.. rasanya khas banget deh.. Favorit saya satu lagi adalah cheery jubilee. Cheery jubilee adalah semacam adonan panekuk yang diisi black cheery atau peach kemudian diberi saus jeruk, ice cream vanilla dan saus black cheery diatasnya.. rasanya istimewa banget.. Enaaakkk. Tak lupa saya memberikan pujian atas menu yang disajikan pada kepala chef Balai Kartini, Mr Putra beserta staf koki lainnya.

Menu yang disajikan gedung Balai Kartini cukup inovatif dan untuk Anda yang buka usaha kuliner, ciptakan menu inovatif untuk menjadi ciri khas dan menjadi menu andalan usaha Anda.

No comments: