Wednesday, April 23, 2008

Jualan Undur-Undur

Teringat masa kecil saat saya bermain dengan teman-teman sebaya di tanah lapang yang sedikit berpasir tanahnya. Kami mencari tanah yang berlubang kecil-kecil untuk mencari undur-undur.

Dalam lubang tanah gembur yang berpasir biasanya hidup seekor undur-undur, sekarang ini undur-undur banyak ditemui di tanah sekitar pemakaman. Undur-undur adalah semacam hewan kecil seperti kutu yang berjalan selalu mundur. Kami senang sekali bila menemukan lubang tersebut karena kami akan mendapatkan seekor undur-undur untuk dimainkan. Namanya juga anak-anak yaa.

Belakangan ini saya sering melihat papan nama yang bertuliskan “ DISINI JUAL UNDUR-UNDUR” saya bingung kenapa undur-undur dijual dan apa manfaatnya? Karena rasa penasaran saya mencari tahu pada tempat yang menjual undur-undur tersebut. Menurut penjualnya, undur-undur dapat bermanfaat untuk mengobati aneka penyakit. Kebanyakan yang mencari undur-undur adalah orang yang berpenyakit diabetes atau sakit gula. Penderita diabetes meminum undur-undur yang sudah dicuci bersih sebanyak 3 kali sehari, dan diyakini dapat mengobati penyakit tersebut secara perlahan-lahan. Harga jual undur-undur adalah Rp 1500 sampai Rp 2000 setiap ekornya, bila sehari dapat terjual 10-20 ekor lumayan kan menghasilkan uang dengan modal yang minim.

Oh ternyata jualan undur-undur dapat menghasilkan juga ya. Usaha unik ini bisa juga dijadikan alternatif bagi mereka yang ingin buka usaha unik. Saya kasih tips ya waktu kecil saya diajari cara mencari undur-undur oleh teman-teman saya. Begini, ambil sebatang lidi kemudian tancapkan pada lubang undur-undur dan diputar mengitari lubang tersebut sambil bernyanyi yang diyakini teman-teman sebagai ‘mantra’ agar undur-undur keluar lubang. Mantra nyanyian tersebut harus diulang-ulang sampai undur-undur tersebut keluar. Begini nyanyiannya :

Ndur… undur-undur.. jalannya mundur..

Ndur… undur-undur.. jalannya mundur..

Ha..ha..ha…. unik dan lucu juga ya.. tapi saya pernah melakukannya dan keluar undur-undurnya.

3 comments:

Unknown said...

mbak wulan tahu gak ya tempat yang mau nampung ato beli undur-undur..?

dzkifiqri said...

bak wulan aku mo nawarin undur-undur dengan harga Rp 750. gimana bak? jika Ok, aku juga siap jadi pemasok undur-undur ke bak wulan. makasih bak

dzkifiqri said...

bak wulan aku mo nawarin undur-undur dengan harga Rp 750. gimana bak? jika Ok, aku juga siap jadi pemasok undur-undur ke bak wulan. makasih bak