Tuesday, January 29, 2008

PERTANYAAN YANG DIAJUKAN VIA EMAIL


Pada kesempatan kali ini ini UKMKU By Wulan Ayodya akan memuat pertanyaan yang sangat baik sekali dari sekian banyak pertanyaan yang diajukan via email.. Semoga menjadi tambahan wawasan bagi pengunjung blog ini..


Email pertanyaan yang sudah dijawab langsung oleh Wulan Ayodya dikirimkan oleh :
Gunawati Pratiwengrum
atieksuroso@yahoo.com

Salam Kenal Mbak Atiek..


Terimakasih atas perhatiannya pada buku saya, saya senang sekali kalau buku saya dapat memberi manfaat untuk banyak orang.. Saya jawab pertanyaannya ya Mbak..

1. Apabila tempat usaha yang saya sewa dibayarkan perbulan, apakah biaya sewa perbulan ini dikategorikan sebagai biaya modal investasi atau biaya modal kerja?

Jawab :

Biaya sewa perbulan termasuk modal investasi tapi bila Mba ingin membebankan pada biaya modal kerja boleh- boleh saja karena sewa tidak perlu modal besar di awal. Akan tetapi akan lebih baik dicatatkan sebagai modal investasi yang pembayarannya setiap bulan, karena akan lebih mudah untuk perhitungan balik modal usaha.

2. Apakah Mbak Wulan mempunyai informasi tempat / lokasi penjualan perlengkapan dan keperluan rumah makan di Bandung?

Jawab :

Terus terang untuk Bandung saya belum pernah , saya akan coba cari informasi dari teman di Bandung yang sudah buka usaha. Mungkin Ibu dapat cari informasi dari pemilik RM terdekat Anda pasti mereka akan beri tahu dimana tempat mendapatkan peralatan2 terdekat.

3. Apakah Mbak punya informasi dimana saya bisa mengambil kursus singkat seperti yang Mbak tulis dalam buku tersebut di Bandung? Yang saya tahu, banyak tempat yang menawarkan kursus memasak / cooking classes (saja) tapi tidak disertai dengan pengetahuan tentang bisnis itu sendiri misalnya management, pengelolaaan SDM dan lain sebagainya.

Jawab :

Mbak Atiek, buku kedua saya akan terbit bulan February, judulnya Kursus Singkat Usaha Roti & Kue.. saya dibantu beberapa pakar kuliner seperti Ibu Sisca Soewitomo dan Ibu Dharmaputra. Kami mengadakan pelatihan bersama dengan konsep ,para pakar mengajar bidang memasak(termasuk usaha rumah makan) dan saya di pelatihan usahanya. Kalau Ibu tertarik bisa saya kirim brosurnya via email dan ada fasilitas antar jemput cuma kalau ke Bandung akan saya tanya kembali pada manajemen pelatihan.

Semoga dapat membantu, bila ada yang kurang jelas Anda dapat menghubungi saya kembali via email..

Salam,

Wulan Ayodya

Email Balasan Selanjutnya :

Mbak Wulan,

Terima kasih jawaban cepat yang saya terima. Saya senang sekali tahu kalau buku ke- 2 Mbak akan terbit bulan depan.Juga jawaban2 Mbak Wulan atas pertanyaan saya, sekali lagi saya ucapkan terima kasih.

Boleh dong Mbak, saya di email info pelatihan bersama yang akan Mbak adakan dan kalau Mbak sudah punya jadualnya sekalian, itu akan sangat membantu saya. Terima kasih ya Mbak

Salam,

Atiek

Mbak Atiek & Seluruh pengunjung blog dapat melihat Info pelatihan Usaha By Wulan Ayodya di www.ukmku.blogspot.. Info pelatihan akan selalu di up date.

No comments: