Thursday, November 17, 2011

KEPAK SAYAP USAHANYA MULAI MENINGGI


Ia memilih jadi bos untuk dirinya sendiri. Itu sebabnya, meski sudah punya pekerjaan tetap, ia memilih mengundurkan diri. Roti rakyat merupakan pilihan usahanya. Hanya dalam waktu satu tahun, ia sudah sanggup memasarkan produknya di 15 warung.



SEMASA bekerja di sebuah perusahaan bakery yang cukup besar di Jakarta, Ambar Murtilina (35) sudah memutuskan tak akan selamanya jadi karyawan. Ia memendam keinginan untuk suatu saat punya usaha sendiri. Padahal, dari sisi penghasilan, ia merasa sudah mendapatkan hasil yang cukup. Apalagi, bakery tempatnya bekerja sudah berkibar selama puluhan tahun. Lina, sapaan Ambar Murtilina, menggambarkan bakery ini sudah ada sebelum ia lahir.
Usahanya juga berkembang dan mempunyai tiga tempat strategis di Jakarta. Lina sudah pernah bertugas di tiga tempat ini, termasuk pusatnya di kawasan Menteng. Aneka penganan disajikan di toko ini mulai dari kue basah, kue kering, tart, dan masih banyak lagi. “Pokoknya lengkap banget,” ujar Lina. Semua dagangan, diproduksi sendiri. Bakery ini sudah punya puluhan karyawan bagian produksi, dan setidaknya 6 karyawan di tiap toko.
Lina tidak ditempatkan di bagian produksi, tapi lebih fokus mengurus toko. Salah satu tugasnya adalah menelepon calon pelanggan, semacam telemarketing. Ia menghubungi baik kantor swasta maupun pemerintah. Ia kian gencar mencari order menjelang Lebaran dan Natal. Biasanya, pada peristiwa istimewa ini, perusahaan mengirim parcel atau bingkisan untuk relasinya.
Posisi Lina sebenarnya sudah bagus. “Tapi, saya merasa memajukan usaha milik orang lain. Kalau saya bisa punya usaha sendiri, besar kemungkinan saya bisa memperbesar penghasilan. Namanya saja berstatus karyawan, saya hanya menunggu gaji tiap bulan. Beda ya kalau punya usaha sendiri, statusnya bisa bos, meski bos untuk diri sendiri,” jelas Lina.
Hari demi hari bekerja, terus terpatri di benak Lina terus untuk buka usaha. Selama jadi karyawan, ia berusaha menggali pengalaman dan memetik ilmu usaha. Misalnya bagaimana cara membuka usaha sampai memperkenalkan produk ke konsumen. Ia juga paham, toko bakery itu selalu belanja bahan dalam jumlah besar. Keuntungannya, selain bahan bisa diantar, harganya juga lebih murah ketimbang beli eceran.

Baca selengkapnya, klik disini...

No comments: