Thursday, November 10, 2011

Ingin Kaya Tapi Takut Risiko Bisnis




Mbak Wulan, saya sedang mengumpulkan modal untuk berwirausaha. Saya sendiri belum yakin, bidang usaha apa yang akan saya tekuni, tapi saya siapkan niat dan mental sejak sekarang. Dan bicara mental, saya dibayang-bayangi risiko gagal atau rugi. Saya takut, Mbak. Mungkin, ketakutan ini karena saya belum menguasai betul bidang apa yang nanti akan saya tekuni dalam bisnis. Ya, bagaimana mau menguasai, menentukan bidang bisnis saja saya masih ragu. Bagaimana ya Mbak, mengelola perasaan cemas dan takut yang tidak produktif ini. Terima kasih Mbak Wulan.

Kania G, Depok, via email

Dear Mbak Kania…
Anda ingin buka usaha tapi takut rugi..? Wah tak hanya Anda lho yang punya kendala takut rugi. Banyak sahabat Wanita Indonesia lainnya yang punya perasaan cemas untuk memulai usaha karena takut resiko merugi.
Hal yang wajar jika ingin memulai usaha tapi takut resiko rugi, hanya saja jika yang terpikir adalah selalu takut rugi lalu kapan mulai usahanya ? Akhirnya karena sering maju mundur dan ragu-ragu maka malah tak jadi buka usaha.
Untuk memulai langkah awal dibutuhkan persiapan mental yang kuat. Maksudnya Anda harus optimis dalam memulai usaha. Pupuk rasa percaya diri dan keyakinan yang kuat bahwa usaha yang Anda rintis akan berhasil. Inilah modal awal yang dibutuhkan sebelum memulai usaha.
Jika Anda sudah merasa percaya diri akan usaha yang dipilih tapi masih sering dibayangi oleh perasaan takut akan kerugian pilih jenis usaha yang tepat untuk Anda. Pilih jenis-jenis usaha yang disesuaikan dengan karakter Anda yang takut dengan resiko. Jika memilih jenis usaha yang tepat maka Anda tak perlu lagi cemas akan resiko kerugian.

Pilihan usaha yang cocok untuk karakter yang takut pada resiko rugi besar antara lain adalah :

1. Pilih usaha skala mikro
Terkadang banyak orang ingin buka usaha langsung skala besar, dengan harapan ingin dapat hasil yang besar juga. Tapi perlu diingat usaha yang mengeluarkan modal besar potensi ruginya juga lebih besar. Contoh jika Anda ingin usaha menjual kue, jika bermodal besar Anda akan pilih buka toko kue yang pasti modalnya lebih besar dibanding Anda punya usaha titip jual kue ( usaha skala mikro). Dalam hal keuntungan usaha titip jual kue tak kalah dengan usaha toko kue. Perbedaannya hanya pada jumlah modal usahanya.

2. Pilih usaha hemat modal
Nah pilihan usaha kedua ini tentu akan lebih menenangkan rasa cemas Anda, karena tak perlu takut rugi. Contoh dari usaha hemat modal salah satunya adalah aneka toko on line yang dapat menjual aneka ragam produk dan jasa dengan tampilan foto-foto. Anda tak perlu punya stok barang. Anda bekerja sama dengan beberapa supplier untuk menjual berbagai barang , punya foto produknya dan tugas Anda hanya memasarkan sebanyak-banyaknya. Perlu keuletan dan ketekunan untuk memilih jenis usaha ini.

3. Pilih usaha rumahan
Jika Anda punya kendala harus mengeluarkan modal untuk sewa tempat usaha sebaiknya pertimbangkan untuk memilih usaha yang dapat dikerjakan dari rumah. Apapun jenis usaha Anda dengan memilih usaha di rumah tentunya akan mengurangi modal usaha yang dikeluarkan sehingga Anda dapat lebih tenang saat menjalani usaha.

* Kutipan dari Konsultasi Bisnis Tabloid Wanita Indonesia

No comments: