Monday, June 8, 2009

Usia Tidak Menghalangi Saya Untuk Usaha



UKMKU :
Ibu kenapa mau ikut kursus di UKMKU dan tahu darimana tentang kami ?

Ibu Suyatmi :
Saya tahu UKMKU dan Mba Wulan dari harian ibukota yang pada saat itu meliput kelas Roti Rakyatnya UKMKU. Saya ikut kursus karena saya ingin menambah ilmu dan juga untuk membantu ekonomi keluarga karena suami saya telah pensiun.Walaupun sudah memasuki usia pensiun saya tetap semangat untuk buka usaha.

Terus Ibu setelah kursus apakah langsung mulai usaha, bagaimana cara mulai usahanya?

Saya mulai usaha setelah kursus Brownies Kukus di UKMKU. Seperti yang diajarkan oleh Mba Wulan kue brownies yang saya buat saya bagikan ke tetangga dan ke kantor anak saya dan Alhamdulillah mereka ada yang pesan setelah mencoba kue Brownies saya yang katanya enak. Saya menjalankan usaha jual brownies kukus ini dari rumah.

Berapa modal yang ibu keluarkan pertama kali usaha Brownies Kukus ?
karena di UKMKU diajarkan untuk memaksimalkan apa yang ada dirumah dulu saya tidak mengeluarkan modal banyak karena hanya memakai peralatan yang ada dirumah seperti hand mixer, dandang kukusan dan sebagainya, paling hanya membeli beberapa cetakan brownies yang harganya tak lebih dari Rp 5000,- per buahnya.
Setelah itu saya hanya membuat 1 resep kue brownies menjadi 8 loyang kecil yang saya jual Rp. 15.000,- Kurang lebih modalnya Rp. 9.000,- sudah termasuk kemasan browniesnya.

Sekarang berapa penjualan setiap harinya Bu ?

Alhamdulillah saya sekarang sudah bisa menjual rata-rata 25 loyang per hari, belum termasuk pesanan yang datang sewaktu-waktu. pada awalnya dimulai dari 8 loyang saja, karena kue browniesnya enak dan disukai jadi jualan saya lancar-lancar saja sampai sekarang ini.

Kesan dan pesan apa yang ingin Ibu sampaikan ke kami dan ke pembaca ?

Saya sangat bersyukur sekali dapat kenal dengan UKMKU karena saya dapat meningkatkan ekonomi keluarga saya. Belakangan ini karena usaha saya makin berkembang saya dilirik menjadi mitra salah satu bank pemerintah dan diberikan bantuan modal usaha untuk membeli oven dan juga peralatan lain. Selain itu saya juga diajak untuk pameran untuk mempromosikan usaha saya sebagai mitra bank tersebut. Untuk kedepannya saya akan mengembangkan usaha dengan varian produk baru yaitu menjual roti yang merakyat. Saya berharap UKMKU terus dapat membimbing saya dan yang lainnya dalam mengembangkan usaha. Bagi yang belum memulai usaha, ayo dimulai!

Terima Kasih,
Apabila ingin memesan Brownies Kukus saya dapat menghubungi :
Suyatmi
021-78881762

1 comment:

hanum said...

hmm.. kapan-kapan boleh nih pesan rotinya ^_^