Friday, June 5, 2009

Dengan Modal Rp. 30.000,- Saya Memulai Usaha



UKMKU : Ibu, kapan awal mulanya ikut kursus dan apa sih motivasinya?

Ibu Widodo : Awal saya ikut kursus - kursus masak pada tahun 1991 disaat suami saya di PHK dari perusahaannya. Di UKMKU saya mulai pada tahun 2008 gunanya untuk menambah ilmu pengetahuan saya tentang cara membuat roti dan kue. Saya tahu UKMKU dari anak saya. Anak saya yang pertama ikut kursus di UKMKU yaitu kursus Membuat Blog Untuk Promosi Usaha. Di awal ikut kursus UKMKU saya mengikuti kursus Roti Goreng Dagangan.

UKMKU : Setelah kursus Roti Goreng Dagangan apakah ibu langsung mulai usaha? dan bagaimana awal mulainya?

Ibu Widodo : Iya saya langsung mulai. Awalnya saya menitip di warung - warung sekitar rumah saya. Dan setiap Sabtu dan Minggu saya menitip jual Roti Goreng saya di Gereja tempat saya beribadah. Saya pun menerima pesanan kue Brownies yang saya pelajari juga di UKMKU.

UKMKU : Berapa modal awal untuk mulai usaha ibu ?

Ibu Widodo : Aduh kalau soal modal sangat kecil sekali. Soalnya saya mengikuti apa yang Mba Wulan sarankan yaitu memakai alat - alat yang ada di rumah dulu kalau mau mulai usaha. Jadi modal awalnya hanya Rp. 30.000,-

UKMKU : Dengan modal Rp. 30.000,- ibu produksi berapa banyak? Dan sekarang sudah produksi berapa ?

Ibu Widodo : Awalnya saya produksi kurang lebih 50 buah roti goreng dan sekarang produksi saya sudah sampai 200 buah roti goreng sehari.

UKMKU : Kendala apa yang ibu alami sekarang?

Ibu Widodo : Kendala yang saya alami yang pertama buatnya saya harus bangun subuh soalnya yang ambil roti goreng saya pagi - pagi sekali. Yang kedua tenaga kerja untuk membuatnya sebab saya membuat roti goreng masih manual atau mengadoninya dengan menggunakan tangan. Saya berharap dengan usaha saya ini akan saya kumpulkan sedikit demi sedikit untuk membeli mixer roti agar saya dapat meningkatkan lagi usaha saya. Terima Kasih UKMKU, terima kasih Mba Wulan.

No comments: