Tuesday, June 3, 2008

Klapertart from Manado

Klapertart merupakan jenis kue tradisional yang enak sekali menurut saya, apalagi klapertart yang aslli dan dikirim langsung dari manado tempat asal kue ini.

Klapertart adalah kue campuran kelapamuda,susu dan telur yang dibuat dalam satu loyang dengan campuran vumbu kayu manis serta tambahan kenari. Di Jakarta saya sering mencoba beberapa jenis klapertart yang dijual di beberapa bakery tapi rasanya tidak asli seperti dari kota asalnya. Banyak yang bilang untuk membuat seloyang klapertart di Jakarta membutuhkan biaya yang cukup besar karena jumlah kelapa muda yang digunakan untuk membuat seloyang klapertart bisa sampai 10 buah belum lagi susu, rhum dan kenarinya sehingga biaya bahan kue ini relatif tinggi.

Di kota asalnya seloyang klapertart bisa dijual seharga 50-70 ribu, cukup murah kan? Sedang di Jakarta mungkin modal bahannya saja sudah 100 ribu untu satu loyang. Mengapa demikian? Di kota asalnya, harga kelapa muda sangat murah sekitar Rp 500,- sedangkan di Jakarta bisa sampai Rp 5000,- perbuah karena Manado merupakan kota penghasil kelapa sehingga harga kelapa sangat murah, begitu pula dengan kenari yang juga murah disana.

Belum lama ini ada kerabat yang mengirimkan kue klapertart pada saya.. Hmmm.. puas-puasin deh makan klapertart dari manado. Enak Banget..

1 comment:

Anonymous said...

Indonesian Small Medium Enterprise
Promosikan Produk Usaha Kecil anda di :

JARINGAN USAHA KECIL INDONESIA
Semoga info ini bermanfaat
Salam
Akbar