Saturday, November 15, 2008

Cerita Usaha Ibu Endang



Saya seorang karyawati outsourcing kantor pajak, saya ingin sekali menambah penghasilan dengan punya usaha sampingan sehingga dapat membantu ekonomi keluarga. Saya mencari – cari tempat kursus untuk belajar ketrampilan memasak. Setelah mendatangi beberapa kursus masak, saya urung untuk ikut karena biaya kursus yang tinggi. Saya tidak dapat menemukan tempat kursus sesuai dengan kemampuan saya. Akhirnya pada suatu hari saya membaca sebuah tabloid ternama yang memuat profil Ibu Wulan Ayodya. Ibu Wulan punya wadah yang diberi nama UKMKU yang mengadakan pelatihan usaha dan kursus ketrampilan memasak yang biayanya murah.

Setelah mendapat nomor telepon UKMKU dari kantor redaksi tabloid, saya menelepon dan akhirnya saya ikut kursus roti rakyat, setelah itu saya ikut lagi kursus roti goreng. Dalam kursus tersebut saya dibimbing untuk memulai usaha sekaligus praktik langsung membuat roti goreng tidak dengan sekedar demo masak. Dengan penuh kesabaran pengajar di UKMKU membimbing saya yang tidak bisa masak sampai bisa membuat aneka roti goreng seperti panada, donat dan lainnya. Senang sekali rasanya bisa membuat roti goreng sendiri apalagi panada.

Setelah saya coba lagi untuk mempraktikkan di rumah ternyata hasilnya sama, enak dan pastinya biaya bahan murah. Rupanya karena saat kursus menggunakan alat sederhana dan praktik langsung, saya tidak mengalami kendala ketika mencoba lagi di rumah dan hasilnya sama. Setelah itu saya mencoba untuk kembali mempraktikkan cara awal buka usaha sampingan yang diajarkan di UKMKU dengan menawarkan titip jual ke warung-warung dekat rumah, awalnya setiap hari laku 25 buah sampai akhirnya setiap hari saya bisa menjual lebih dari 100 buah roti goreng. Tidak hanya itu saya bahkan pernah mendapatkan order pesanan sampai 500 buah roti goreng dan karena resep roti goreng di UKMKU dibuat khusus untuk usaha maka ketika berjualan harga dapat bersaing tetapi rasa roti enak dan disukai banyak orang. Saya merasa puas sekali kursus di UKMKU, terimakasih UKMKU karena telah membantu saya mendapatkan penghasilan tambahan dan dapat membantu ekonomi keluarga. Sukses untuk UKMKU semoga dapat terus membantu usaha kecil !

No comments: